Penyebab website lemot menyebababkan produktivitas dan kerjaan anda terganggu pastinya. Sebagai penulis atau pemilik bisnis yang semua aktivitas dilakukan melalui website anda. Penilaian website dapat dikatakan lemot atau lambat dapat dikategorikan seperti berikut:

  1. Dibawah 1 detik = Website anda sangat baik sekali
  2. 1-3 detik = Website anda baik
  3. 3-7 detik = Website anda cukup baik
  4. 7 detik keatas = Website anda sangat buruk

Penyebab website anda lemot atau lambat antara lain:

  1. Server yang digunakan lemah
    Performa server adalah kunci utama dari kecepatan website anda. Server mempunyai fungsi yaitu menyimpan data dari website serta melayani permintaan data dari pengunjung website anda.
  2. Koneksi jaringan internet
    Jaringan internet sangat berpengaruh terhadap kecepatan akses website. Jika menemukan jaringan lambat karena Wifi atau jaringan seluler anda, maka bisa dipastikan solusi paling tepat adalah berganti jaringan. Tetapi untuk masalah jaringan hari diuji dengan cara mengakses website yang lain.
  3. Penggunaan gambar yang berat
    Tanpa disadari gambar dengan size yang besar akan memakan banyak badwith dan dapat menyebabkan server terbebani, terjadilah proses loading yang lama.
  4. CMS yang tidak di update secara berkala
    CMS terutama wordpress mengeluarkan update secara berkala gunanya untuk tetap aman, performa wordpress menjadi lebih baik, dapat menghilangkan bug, meningkatkan kompabilitas.
  5. Web browser lemot
    Web browser terkenal yang biasa kita pakai adalah (Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Internet Explorer). Browser merupakan salah satu kemungkin penyebab website lemot, web browser kemungkinan mengalami eror. Web yang digunakan untuk browser pun harus diupdate secara berkala atau ketika web browser meminta update.

Selanjutnya, akan dibahas mengenai cara mengatasi website lemot. Terimakasih sudah membaca artikel kami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here