Isu keamanan data pengguna oleh penyedia layanan teknologi kerap diperdebatkan. Isu ini semakin kuat sejak kehebohan kasus kebocoran data Cambridge Analytica yang menimpa Facebook.

Sejak kasus tersebut di tahun lalu, Komisi Uni Eropa memberlakukan kebijakan perlindungan data pengguna yang disebut dengan General Data Protection Regulation (GDPR). Isinya, penyedia layanan teknologi harus transparan kepada penggunanya terkait data pengguna yang mereka simpan.

Caranya dengan menyediakan fitur permintaan bagi pengguna untuk mengetahui data pribadi mereka yang disimpan oleh penyedia layanan. Apabila penyedia layanan tidak menyediakannya, mereka terancam menerima gugatan hukum dan sanksi.

WhatsApp sebagai anak perusahaan Facebook Inc. juga sejak pertengahan tahun lalu sudah menyediakannya. Sayangnya, fitur ini agak tersembunyi sehingga penggunanya mungkin kurang mengetahui.

Fitur ini bernama Request Account Info atau dalam versi Bahasa Indonesia menjadi “minta info akun”. Berikut ini Medcom.id berikan panduan langkah untuk mengakses fitur ini.

1. Akses bagian Setting atau Setelah di WhatsApp

Di halaman percakapan WhatsApp, pilih ikon tiga titik vertikal di sudut kanan atas untuk masuk ke menu Settings atau Setelan. Di halaman tersebut akan berisi beragam opsi pengaturan aplikasi WhatsApp

2. Pilih opsi Account atau Akun

Untuk mengakses pengaturan berkaitan dengan akun pengguna maka pilih opsi Account atau Akun di halaman Settings tadi. Kemudian di halaman selanjutnya cari opsi Request Account Info atau Minta Info Akun

3. Penjelasan fitur Request Account Info

Sebelum Anda meminta informasi akun Anda, WhatsApp mencantumkan penjelasan bahwa informasi akun WhatsApp pengguna akan diterima tiga hari setelah permintaan diajukan.

image medcom
© Disediakan oleh PT Citra Multimedia Indonesia image medcom

Saat informasi yang diminta sudah tersedia pengguna WhatsApp akan menerima pemberitahuan di aplikasinya. Nanti pengguna akan diminta mengunduh informasi tersebut dan membukanya menggunakan aplikasi lain di luar WhatsApp.

WhatsApp menyatakan bahwa informasi tersebut berisi data diri pengguna serta konten yang pernah Anda bagikan di WhatsApp, kecuali percakapan. Karena percakapan di WhatsApp sifatnya terenkripsi di antara pengguna, mereka mengklaim tidak bisa melihat atau menyimpan percakapan penggunanya.

Selain itu, WhatsApp menyatakan bahwa informasi akun yang sudah diminta tapi tidak diunduh oleh pengguna secara otomatis akan terhapus. Apabila pengguna ingin mengunduhnya lagi, harus melalui proses yang sama.

Pengguna bisa meminta WhatsApp memberikan informasi pengguna yang selama ini mereka simpan.: Anda Bisa Minta Data ke WhatsApp, Caranya?Sumber : Cahyandaru Kuncorojati – msn.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here